Jumat, 21 Oktober 2011

KOMPONEN KOMINIKASI DATA


NAMA : ARI WIDIA RETNO
NIM    : 09552010005


Komponen Komunikasi Data

    Pengirim, adalah piranti yang mengirimkan data

    Penerima, adalah piranti yang menerima data

    Data, adalah informasi yang akan dipindahkan

    Media  pengiriman,  adalah  media  atau  saluran  yang  digunakan  untuk mengirimkan data
    Protokol,   adalah   aturan-aturan   yang   berfungsi   untuk   menyelaraskan

hubungan.



Perbedaan Sinyal/Isyarat Analog Dengan Digital

Sinyal Analog : Sinyal analog adalah sinyal data dalam bentuk gelombang yang yang kontinyu, yang membawa informasi dengan mengubah karakteristik gelombang.
Dua parameter/karakteristik terpenting yang dimiliki oleh isyarat analog adalah amplitude dan frekuensi. Isyarat analog biasanya dinyatakan dengan gelombang sinus, mengingat gelombang sinus merupakan dasar untuk semua bentuk isyarat analog. Hal ini didasarkan kenyataan bahwa berdasarkan analisis fourier, suatu sinyal analog dapat diperoleh dari perpaduan sejumlah gelombang sinus.
Dengan  menggunakan  sinyal  analog,  maka  jangkauan  transmisi  data  dapat mencapai jarak yang jauh, tetapi sinyal ini mudah terpengaruh oleh noise. Gelombang pada sinyal analog yang umumnya berbentuk gelombang sinus memiliki tiga variable dasar, yaitu amplitudo, frekuensi dan phase.
    Amplitudo merupakan ukuran tinggi rendahnya tegangan dari sinyal analog.

    Frekuensi adalah jumlah gelombang sinyal analog dalam satuan detik.

    Phase adalah besar sudut dari sinyal analog pada saat tertentu.






 Sinyal Digital

Sinyal digital merupakan sinyal data dalam bentuk pulsa yang dapat mengalami perubahan  yang  tiba-tiba  dan  mempunyai  besaran  0  dan  1.  Sinyal  digital  hanya memiliki dua keadaan, yaitu 0 dan 1, sehingga tidak mudah terpengaruh oleh derau, tetapi transmisi dengan sinyal digital hanya mencapai jarak jangkau pengiriman data yang relatif dekat.
Biasanya sinyal ini juga dikenal dengan sinyal diskret. Sinyal yang mempunyai dua keadaan ini biasa disebut dengan bit. Bit merupakan istilah khas pada sinyal digital.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar